Selasa, 10 November 2015

Pantangan Makanan Penderita Darah Tinggi

Pantangan Makanan Penderita Darah Tinggi Yang Harus Di Jauhi


Pantangan Makanan Penderita Darah Tinggi - Darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah di pembuluh arteri meningkat sehingga jantung akan bekerja lebih keras lagi untuk memompa darah keseluruh tubuh, situasi ini cukup berbahaya karena dapat menimbulkan stroke, gagal ginjal dan jantung koroner.

Penyebab tekanan darah tinggi adanya penyumbatan yang terjadi di pembuluh arteri baik yang menuju ke jantung ataupun yang menuju ke otak, penyumbatan ini terjadi karena adanya sampah’ yang sering disebut-sebut bernama plak. Apa itu plak? Ibarat saluran irigasi, pembuluh darah merupakan bagian dari sistem sirkulasi yang menyalurkan nutrisi, oksigen dan berbagai elektrolit yang dibutuhkan oleh sel dan organ di tubuh, serta berperan pula membawa zat hasil sisa metabolisme. Laju aliran darah dalam pembuluh dapat terganggu oleh adanya endapan atau deposit lemak yang menempel di dinding dalam (endotel), dan inilah yang disebut plak.

Penyempitan pembuluh darah akan dialami semua orang, karena hal ini merupakan proses degeneratif -seiring semakin tuanya umur seseorang. Tapi, jika seseorang menjalani pola hidup sehat, kondisi itu mungkin baru terjadi pada usia 80-90 tahun. Sayangnya, terkadang hal itu datang lebih awal. untuk menghindarinya mulailah untuk menjaga pola makan, olah raga teratur, kurangi stres, konsumsi makanan yang sehat, tidak berlebihan dan jauhi Pantangan Makanan Penderita Darah Tinggi, apa saja sih Pantangan Makanan Penderita Darah Tinggi ?

Beberapa Pantangan Makanan Penderita Darah Tinggi


Selain menjalani pola hidup sehat, olah raga teratur tentunya anda juga harus menghindari Pantangan Makanan Penderita Darah Tinggi sehingga berimbang, dan berikut beberapa Pantangan Makanan Penderita Darah Tinggi yang harus anda jauhi ;


  • Makanan cepat saji – Makanan kaya lemak cepat saji yang unsurnya banyak memiliki kandungan lemak, mentega, keju, minyak sayur, ayam goreng, kentang goreng, hot dog, sosis, hamburger, pizza, susu, dan lain-lain. nyaris seluruh makanan siap saji memiliki kandungan banyak lemak jenuh yang dapat mengakibatkan penyakit hipertensi serta penyakit jantung. Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi dapat menumpuk di dinding pembuluh darah, hingga bikin pembuluh darah menyempit, hingga pembuluh darah terhalang oleh lemak tersebut yang lantas menaikan tekanan darah.
  • Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula - Umumnya jenis makanan manis dihindari oleh mereka yang terkena diabetes atau penyakit gula. Tapi Anda yang terkena penyakit tekanan darah tinggi juga harus mengurangi asupan makanan atau minuman yang manis. Permen, kue basah, cokelat dan minuma manis lain tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Sebab makanan yang dilarang penyakit darah tinggi ini bisa memicu komplikasi penyakit lain.
  • Makanan yang banyak lemak - Sudah kita ketahui, makanan yang banyak mengandung lemak memang sangat berbahaya bagi kesehatan. Asupan lemak yang berlebih pada tubuh bisa menyebabkan obesitas yang akhirnya menyebabkan komplikasi berbagai penyakit. Salah satu jenis penyakit yang bisa disebabkan akibat obesitas yaitu hipertensi akibat naiknya tekanan darah. Ketika tubuh semakin gemuk, maka lemak dapat menghambat pembuluh darah, akibatnya pembuluh darah semakin sempit dan tekanan darah menjadi naik.
  • Makanan yang memiliki kandungan garam tinggi – Makanan yang memiliki kandungan garam. Product buah serta sayur yang dijual didalam kaleng, sasus, salad, serta seluruh makanan yang diawetkan rata-rata memiliki kandungan garam serta sodium. maka batasi garam anda optimal 6 gram /hari atau tiadakan sekalipun, dikarenakan setiap makanan telah memiliki kandungan unsur sodiumnya. Unsur sodium inilah yang bikin ginjal menahan cairan didalam tubuh, hingga jantung memompa lebih kencang. Inilah yang mengakibatkan hipertensi.
  • Alkohol – Alkohol membahayakan kesehatan, terutama tekanan darah anda dapat makin meningkat. Kurangi serta jauhkan minuman alkohol, untuk melindungi tekanan darah anda serta untuk terwujudnya hidup yang sehat.
  • Kafein - Anda penyuka minuman kopi? Ini tidak cocok bagi penderita hipertensi atau penyakit darah tinggi. Hindari minuman kopi atau segala jenis makanan yang mengandung kafein jika Anda terkena serangan darah tinggi. Kafein bisa terdapat pada produk makanan seperti cokelat dan lainnya. Hal ini akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah sehingga penyakit tekanan darah tinggi semakin parah.
  • Makanan dalam kaleng, termasuk buah kaleng - Buah memang makanan sehat, akan tetapi tidak dengan buah dalam kemasan kalengan. Anda harus menghindari semua jenis makanan dalam kaleng jika ingin penyakit tekanan darah tinggi yang diderita tetap aman. Hal ini karena makanan yang diawetkan dan dikemas dalam kaleng memiliki kandungan sodium yang tinggi. Biasanya pengawetan makanan jenis ini dengan menambahkan banyak garam. Anda juga wajib memeriksa label makanan ketika membeli makanan di toko atau supermarket. Dengan lebih teliti, maka penyakit darah tinggi yang diderita tidak akan jadi semakin parah.


Nah itulah kiranya Pantangan Makanan Penderita Darah Tinggi yang harus anda hindari semoga bermanfat namun bila anda saat ini sedang mengalami tekanan darah tinggi jangan khawatir anda bisa melakukan pengobatan secara alami dengan Obat darah tinggi tradisional jelly gamat gold g

Pantangan Makanan Penderita Darah Tinggi


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar